Kamis, 13 Desember 2012

Apartemen Idaman Bak Rumah Nan Mewah

PENDAHULUAN
 
1. LATAR BELAKANG
Dalam pembahasan materi kali ini, Saya akan membahas mengenai "Dampak Iptek Dalam Pembangunan Apartement".Seperti kita ketahui bahwa papan yang berarti tempat tinggal pada mulanya hanya sebagai tempat untuk memperoleh rasa aman, terlindung dari gangguan cuaca atau binatang,atau bahkan mungkin dari manusia yang lain. Rumah tradisional biasanya terbuat dari bahan alami yang terdapat di sekitar tempat tinggal. Bahan bangunan rumah tradisional mudah rusak karena cuaca atau dimakan rayap, sehingga batas waktu tertentu terpaksa diperbaiki, bahkan diganti. Biasanya cukup mahal, sehingga secara ekonomis merugikan.

Manusia berusaha memperoleh tempat tinggal yang aman dan nyaman. Untuk itulah dibangun rumah yang bahan-bahannya lebih tahan lama, dapat puluhan bahkan ratusan tahun. Tembok rumah dari bata yang diberi lapisan dengan bahan semen, lantai yang bahannya dari semen dalam wujud tegel atau keramik menghasilkan tempat tinggal yang kuat dan tahan lebih lama,perkembangan kualitas bangunan yang selalu meningkat.

Seiring dengan perkembangan iptek yang semakin semakin berkembang,dan tingkat pendapatan manusia yang semakin meningkat,bahkan bisa dikatakan memiliki pendapatan tinggi khususnya di kota-kota besar.Maka semakin tinggi pula keinginan manusia untuk memiliki sesuatu hal yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.Salah satunya yaitu dalam memenuhi kebutuhan primer,salah satunya yaitu "Papan (Rumah)".Kini telah tercipta banyak pembangunan – pembangunan rumah mewah, gedung – gedung pencakar langit dengan apartemennya, perumahan modern, rumah susun, dsb.

Dari pernyataan di atas pasti Anda bertanya-tanya kan "Apa itu IPTEK?.IPTEK ialah sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi.

IPTEK saat ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kehidupan manusia. Namun, semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, malah menimbulkan efek negatif kepada manusia.

Dalam IPTEK dan perkembangannya, menurut Adolf Portman, secara biologis manusia yang dipandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhadap lingkungan secara alami.Pada saat manusia baru terlahir,manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa perlindungan orang tua dan lingkungannya.Maka kekurangan ini diganti dengan kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan yang bentuknya beraneka ragam.Dalam hal ini manusia dibekali teknik unutuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya,sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungan dan permasalahannyaMakin tinggi tingkat kemampuan berabstraksi,makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut. Merupakan kekurangan dalam kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan yang bentuknya beraneka ragam. Dalam hal ini manusia dibekali teknik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya, sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungan dan permasalahannya. Meskipun tinggi tingkat kemampuan berabstraksi, makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut.

Teknik secara umum diartikan sebagai alat perlengkapan dan metode membuat sesuatu. Teknologi adalah ilmu terapan dan suatu cara untuk teknik memproduksi atau memproses membuat sesuatu yang lebih mengembangkan ketrampilan manusia.


Terdapat beberapa proses teknik yaitu:

a.Fase Teknik Destruktif, yaitu untuk memecahkan segala masalah dan kebutuhannya,manusia langsung menggambil dari alam,tidak ada  usaha untuk mengembalikannya ke alam.
b. Fase Teknik Konstruktif, yaitu mampu melakukan penciptaan, sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak terdapat di alam.Dengan penciptaan baru ini manusia telah menciptakan lingkungan baru yang selalu bermodalkan alam sekitar sehingga merupakan "The second nature (alam kedua).
c. Fase Modern, yaitu merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai manusia.

Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya, yaitu:

a. Teknologi Tinggi (High-tech), yaitu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru (misalnya: komputer, laser).
b. Teknologi Madya, yaitu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Cirinya: tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dan tidak memerlukan pengetahuan baru.
c. Teknologi Tepat Guna, yaitu teknologi madya dengan tingkatan yang lebih sederhana. Cirinya: skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana, dan pelaksanaannya bersifat karya.

2. Tujuan Pembahasan
  • Mengatahui apa itu rumah dan fungsinya bagi manusia.
  • Mengetahui parkembangan apartemen.
  • Mengetahui trend design apartemen.
  • Mengetahui dampak positif pembangunan apartemen.
  • Mengetahui dampak negatif pembangunan apartemen.
3. PEMBAHASAN

A. Perkembangan Apartement
Tinggal di rumah kontrakan mewah yang posisinya selalu berada di pusat kota, kini mulai digandrungi warga. Entah karena takut akan kemacetan atau banjir, tapi yang jelas hidup di apartemen memang jauh lebih simple dan unik.

Apartemen merupakan sebuah hunian layaknya rumah pada umumnya, hanya saja jika di perumahan-perumahan, unit-unit kavlingnya, ditata horizontal tersebar di seluruh lahan yang tersedia, sedangkan apartemen, unit-unit kavlingnya ditata vertial sehingga tercipta sebuah massa bangunan tinggi yang berisi unit-unit hunian. Biasanya ditiap lantianya terdiri antara 4-8 tergantung perencanaan apartemen tersebut.

Saat ini di beberapa kota besar, apartemen tumbuh bak cendawan di musim hujan. Beberapa pegamat agen properti / agent property property berpendapat bahwa jumlah unit apartemen sudah over supply, artinya sekarang ini banyak unit apartemen yang masih ditawarkan kepada masyarakat.

Dari tahun 1981-1999 jumlah apartemen yang terbangun mencapai 25,000 unit. Tahun 2007 diperkirakan jumlahnya akan melonjak hampir 2 kali lipatnya yaitu sekitar 40,000 unit (data Pusat Studi Properti Indonesia). Karena semakin banyaknya pilihan, maka pertimbangan memilih agen properti / agent property apartemen menjadi lebih komplek.

Lokasi dan harga masih menjadi pertimbangan utama, tetapi ada banyak hal lain yang bisa dijadikan pertimbangan, yaitu, fasilitas didalam apartemen, luasan unit, serta agen properti atau agent property yang mengatur warga didalam apartemen tersebut.

Ada satu hal lagi yang mungkin belum menjadi pertimbangan utama dalam memilih apartemen yaitu desain. Dalam banyak hal, pertimbangan desain apartemen merupakan pertimbangan kesekian, karena pertimbangan harga, lokasi, efektifitas, efisiensi, kenyamanan dan jaminan rasa aman, menjadi prioritas.
B. Trend Desain Apartemen
 
Desain Apartemen, khususnya Indonesia, tidak banyak mengalami metamorfosa gaya yang ekstrem, artinya dari tahun ke tahun tidak banyak ditemui hal baru dari desain apartemen-apartemen tersebut. Tetapi kecenderungan gaya saat ini, baik arsitektur maupun desain interiornya adalah gaya minimalis modern.

Gaya ini bukan gaya lokal tentunya, tetapi lebih pada mengikuti arus yang berkembang saat ini. Tidak dapat dipungkiri globalisasi membawa dampak terhadap gaya arsitektur bangunan-bangunan kita. Dulu sebelum gaya minimalis ini muncul, berkembang gaya yang macam-macam dari gaya mediterina, klasik, modern dan lain-lain.

Dalam penerjemahan didalam bangunan seperti apartemen, minimalis mempunyai kesan bersih, simple dan lega. Apartemen dengan gaya minimalis biasanya fasadenya menggunakan bahan kaca dan bahan metal seperti baja atau alumunium. Bahan-bahan ini lebih mudah dibersihkan dan jika kotor, tidak terlalu kelihatan.

Berbeda dengan bahan beton atau bata. Jika kena hujan punya kecenderungan tumbuh lumut atau muncul warna coklat-coklat bekas aliran air. Dan jika kena matahari, biasabya catnya menjadi pudar. Desainnya pun simple tidak terlalu banyak permainan bidang. Desain seperti ini bisa dilihat di apartemen City of Tomorro di Bundaran Waru Surabaya dan Sudirman Place. 

Biasanya para pengembang menyediakan sample ruang beserta isiannya secara lengkap dengan tampilan yang menawan.Lewat keahliannya merangkai sebuah ruang, lahan kosong dengan luas seadanya, bisa tampil eksklusif, unik, dan juga fungsional. Sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat, seperti penempatan kamar tidur, ruang keluarga yang simple, kamar mandi, ruang makan, dan juga dapur kecil yang tetap fungsional.

Denah ruang yang mereka tampilkan, bisa menjadi gambaran untuk merangkai sebuah hunian di apartemen. Sehingga bisa membuat Anda nyaman bak tinggal di perumahan mewah dengan lahan yang lebih luas. Jika tak percaya, intip saja kehidupan orang-orang yang tinggal diapartemen, sangat simple but tetap fungsional.

Kalau masih penasaran dengan tampak dalamnya, Anda juga bisa melihatnya lewat display. Karena perwujudan rasa simple yang ditampilkan sebuah apartemen inilah yang menjadi salah satu acuan warga kota untuk tinggal di apartemen. Apalagi belakang ini, apartemen tampil dengan fasilitas yang memadai, seperti sekolah, supermarket, sport club, fitnes centre serta keamanan selama 24 jam.

Besarnya ketertarikan masyarakat pada apartemen bisa dibaca lewat pembangunan apartemen yang sedang berlangsung di Jakarta. Dan rata-rata ketertarik mereka berdasar pada sifat apartemen yang simple dan tak banyak aturan.Sifat ini dianggap cocok oleh sebagian masyarakat kota yang memiliki jam terbang tinggi serta gaya hidup yang simple. Artinya lewat keberadaan apartemen inilah kebutuhan hidup mereka yang simple bisa diwujudkan, seperti tak perlu jauh ke pusat kota, bisa pulang kapan saja, tak perlu banyak waktu untuk membersihkan rumah dan lain sebagainya.

Pengakuan ini diutarakan langsung oleh salah satu penghuni apartemen City Resort yang terletak di Taman Mutiara, Insira. Ibu satu orang anak ini mengakui bahwa ketertarikannya pada apartemen berujung pada gaya hidupnya yang simple.“Hidup di apartemen merupakan dambaan saya sejak dahulu, karena jauh lebih simple, baik dari design ruang maupun gaya hidup yang ditampilkan. Hal ini senada dengan life style saya yang senang tampil apa adanya.” ungkapnya mantap.

Jika life style ibu Indira sama seperti Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba hidup baru di apartemen. Toh, tak perlu biaya besar untuk memilikinya, karena kini ada beberapa apartemen yang lumayan “miring” harganya.
C. Dampak Positif Pembangunan Apartemen
1. Lokasi jelas merupakan poin jual yang paling diunggulkan.

Umumnya apartemen tengah kota, berdekatan dengan kantor, mal, bahkan rumah sakit. Dengan lokasi yang strategis, nyaris tak ada lagi waktu yang terbuang percuma hanya karena kemacetan lalu lintas. Bahkan pihak pengembang umumnya pengembang swasta biasanya juga menyediakan berbagai fasilitas pendukungnya seperti kolam berenang, jogging track, tennis court, playground, bahkan taman bermain dan taman kanak-kanak.
2.Letak apartemen yang berdekatan dengan kantor otomatis akan membuat Anda menghemat BBM.

Bujet untuk trasportasi pun dapat dihemat. Bahkan bila letak kantor sangat dekat, tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk berjalan kaki ke kantor. Jika dilakukan setiap pagi saat berangkat kantor, badan pun jadi bisa sehat karenanya.
3. Pemakaian air dan listrik juga dapat dihemat karema Anda tidak perlu menyediakan lampu taman, pompa air, dan sebagainya.

Bagi Anda yang masih lajang, tinggal di apartemen tentu akan lebih hemat dan nyaman.
4. Dengan lahan yang terbatas biasanya luas apartemen tidak seberapa besar.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkannya.Bahkan bila perlu, Anda tak usah menggunakan jasa pembantu.Sistem keamanan apartemen yang lebih dan terjaga menjadikannya sebagai hunian yang lebih aman dan nyaman ketimbang rumah biasa.
5. Nilai Investasi

Selain memiliki nilai keamanan dan kenyamanan. Apartemen juga memiliki nilai investasi yang tinggi. Hal ini pulalah yang mendasari Fongki dan beberapa temannya untuk mempunyai apartemen di Jakarta.

Pria yang masih senang melajang ini menuturkan, “nilai jual apartemen selalu meningkat dari tahun ke tahun bahkan pula hari, hal ini bisa dibuktikan lewat nilai jual apartemen yang ada di Jakarta.”ungkap Fongki.Lewat nilai jual yang tinggi inilah, saya berdekat untuk menginvestasikan sebagian penghasilan saya di apartemen, tambahnya.

Ungkapan Fongki bisa menjadi gambaran, bahwa apartemen bukan hanya mendatangkan kenyamanan yang utuh. Tapi juga bisa memberi keuntungan yang besar ditengah persaingan bisnis yang ketat.

Gimana, tertarik untuk tinggal di apartemen yang simple tapi tetap fungsional? Jika ya’ lakukanlah pembelian sekarang juga, dengan tetap mempertimbangkan harga serta kenyamanan yang diberikan. Ups, jangan lupa untuk tanyakan tentang nilai investasinya di masa datang.
D. Dampak Negatif Pembangunan Apartemen
1.Bertambahnya kemacetan di area sekitar apartemen.

Coba kita bayangkan akan ada berapa ratus atau mungkin berapa ribu orang yang akan tinggal di apartemen tersebut. Jika di pagi hari orang-orang tersebut berkegiatan sepergi pergi bekerja dan pergi ke sekolah tentu akan menambah jumlah kendaraan yang tumpah ruah di jalan soekarno hatta. Sekarang saja sudah macet apalagi jika nanti apartemen itu telah dihuni dan penghuninya menggunakan kendaraannya untuk bepergian.
2.Dampak yang mungkin akan timbul adalah habisnya air tanah di bawah permukaan.
Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya kebutuhan air di apartemen tersebut. Coba bayangkan berapa liter air yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Developer tentu tak mau ambil repot. Mereka tinggal bor tanah lalu sedot airnya. Padahal jika air yang disedot terlalu banyak maka bisa menyebabkan terjadinya penurunan permukaan tanah. Tentu kita tidak mau hal itu terjadi bukan?.
3.Dengan penggunaan AC pada bangunan dapat menyebabkan pemanasan global.
4.Berkurangnya daerah penyerapan dan penghijauan yang dapat mengakibatkan banjir. dan polusi udara

5.Permasalahan refleksi radiasi pantulan matahari serta efek thermal yang juga turut meningkatkan suhu lingkungan disekitamya akibat penggunaan kaca ( Glass High Rise Building) .
KESIMPULAN
IPTEK membawa dampak pada setiap aspek kehidupan manusia. Dampak tersebut ada yang positif dan ada yang negative. Aspek tersebut antara lain kebutuhan pokok (sandang, pangan , dan papan), lingkungan, SDA, kebudayaan, pendidikan dan kesehatan serta industri dll.

Seiring dengan perkembangan iptek yang semakin semakin berkembang,dan tingkat pendapatan manusia yang semakin meningkat,bahkan bisa dikatakan memiliki pendapatan tinggi khususnya di kota-kota besar.Maka semakin tinggi pula keinginan manusia untuk memiliki sesuatu hal yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.Salah satunya yaitu dalam memenuhi kebutuhan primer,salah satunya yaitu "Papan (Rumah)".Kini telah tercipta banyak pembangunan – pembangunan rumah mewah, gedung – gedung pencakar langit dengan apartemennya, perumahan modern, rumah susun, dsb.

Referensi:

2 komentar:

  1. betul gan..
    keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan primernya meningkat, salah satunya pembangunan apartemen kini banyak diminati orang
    apartemen dijual di kebayoran lama

    BalasHapus
  2. Lagi nyari apartemen murah di Jakarta? Yuk mampir ke Jendela360 aja!

    BalasHapus