Segmentasi
pasar, kata yang cukup menakutkan dan terkesan rumit bagi sebagian pemula yang
terjun membangun bisnis. Padahal, segmentasi pasar adalah salah satu elemen
penting dalam strategi pemasaran yang akan kita lakukan (bahkan terlalu
penting) .
Baiklah,
akan saya terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami apa itu
segmentasi pasar. Menurut Hermawan Kertajaya, pengertian
segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.
Naah… masih
bingung dengan pengertian segmentasi pasar diatas? Begini, salah satu efek
apabila kita tidak mengetahui siapa segmentasi pasar yang tepat bagi produk
adalah apa yang akan kita lakukan dan berapa biaya pemasaran yang sudah
dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka. Walaupun produk /jasa yang kita
tawarkan itu unik dan bernilai.
Contoh
paling gampang segmentasi pasar adalah jualan tas branded dengan harga 25 juta
kemudian anda jual ke wanita yang penghasilan bulanannya 1.5 juta
(targeting & segmentation).
Walaupun si
tas tersebut sudah anda diskon gila-gilaan sampai 50 % (promotion), si
wanita yang anda tawarkan tadi tidak akan membeli. Kenapa? Karena itu
bukan kebutuhan dia. Beda kalau anda jual ke segmentasi pasar pecinta tas
brande, ke wanita karier dengan penghailan bulanan 20 jutaan, ke ibu ibu
pejabat , akan lain hasilnya.
Hal itu juga
sama saja dengan anda jual daging ayam ke segmentasi pasar orang yang
vegetarian atau anda jual sirip ikan hiu ke pasar tradisional yang belum tentu
orang yang suka makan seafood dan yang berkantong tebal datang ke tempat
tersebut. Hasilnya pasti nol besar, walaupun harga sudah anda turunkan
mati-matian sampai ngos-ngosan. Perilaku konsumen-nya berbeda.
Lalu
bagaimana cara mengetahui segmentasi pasar? Lakukan riset pasar! Setelah anda
mengetahui siapa target pasar anda, anda akan lebih mudah melakukan penawaran produk
anda.Jadi, lihatlah selalu segmentasi pasar anda secara kreatif. Tentukan
segmentasi pasar konsumen mana yang anda pilih, rancang taktik pemasaran anda,
baru anda jual “barang dagangannya”.
http://womanpreneur-community.com/blog/tentukan-segmentasi-pasar/#more-1861
http://womanpreneur-community.com/blog/tentukan-segmentasi-pasar/#more-1861
Tidak ada komentar:
Posting Komentar